Berbagi artikel tentang pelajaran untuk siswa dan guru..

Penjelasan Tentang Narkoba

Cara Mengatasi Narkoba


Pengertian Narkoba Adalah obatataubahan yang berbahayabagitubuh, nah zatadiktif yang terkandungdalamnarkoba, dapatmempengaruhiperasaan, mood danemosibagi yang mengkonsumsinya.
1. PendidikanataupenyuluhantentangnarkobaJikatidakinginterjerumuskenarkobakitaharusmengetahuitentangapaitunarkoba?,jenis-jenisnarkoba, bentuknarkobadanakibat yang di timbulkankarenapemakaiannarkoba. Untukmengetahuinyadapatmelaluibacabukuataumajalah, mencari di internet danikutpenyuluhantentangnarkoba.
2. Menghindaricoba-coba
Hindaricoba-coba. Janganberfikirjikamencobanyadengandosis yang sedikitmakatidakakanmenimbulkanmasalah. Justrudenganituakanmenjadiawalterjadinyamasalah. Coba-cobaakanmenimbulkankebiasaandan lama-lama akanmenjadiketagihandanketergantungan.
3. KenaliAncamanhukumanbagipemakai, pembuatmaupunpengedar
Pikirkanlahakibat yang akanditimbulkansebelummemakainarkoba. Akibatituberupaakibatsecarafisikbagitubuh  danancamanhukumanperundang-undanganbagipemakai, pembuatdanpengedar.
4. Memperkuatkeimanandantakutdosasebagaibentengdiri
Denganmemperkuatimandantakutakandosa, hukumannanti di aheratyaituneraka, sertapercayabahwaTuhanselalumelihatsemua yang kitalakukandanmemberikanbalasanatasdosa yang kitaperbuatituakanmenjadikandirikitatidakinginterjerumuskenarkoba.
5. Memilihpergaulan yang sehat
Ingat!,ancamanterbesaruntukterjerumuskenarkobayaitulingkunnganpergaulankita. Pilihlahpergaulan yang sehatdanbaik. janganmudahtergodaolehajakanataurayuanteman, saudaraatausanak family untukmemakainarkoba. tetapingatlahpoin 1,2,3 dan 4.
6. Mempererathubungandengankeluarga
Yang menjadisalahsatufaktorpenyebabterjerumuskedalampemakaiannarkobayaituadanya broken home ataupermasalahankeluarga. Untukituadabaiknyajikahubungankeharmonisankeluarga di tingkatkanlagi. Bilaadamasalahsegeracurhatatauberceritakepada orang tuaatau orang yang kalian anggapmampumembantuataumemberijalankeluarataspermasalahan kalian. Dengandemikian kalian akanlebihlega.
7. Hindaripintumasuknarkobayaiturokok
Perludiketahuibahwakebanyakan orang memakainarkobaituberawaldarimerokok. Perokokmemilikikecenderunganuntukkumpul-kumpulataunongkrongbersamateman sesame perokok, gankataukomunitas. Diantaramerekakemungkinansudahada yang memakainarkobadandapatmempengaruhi yang lain untukmemakainarkoba. misalnyadenganberbagailedekanjika orang yang tidakmaungedragataumakainarkobatidaklahjantandsb.
Banyak yang masihbisadilakukanuntukmencegahremajamenyalahgunakannarkobadanmembanturemaja yang sudahterjerumuspenyalahgunaannarkoba..
Ada tigatingkatintervensi yang dapatdilakukanpemerintah, yaitu:
1.Primer, sebelumpenyalahgunaanterjadi, biasanyadalambentukpendidikan, penyebaraninformasimengenaibahayanarkoba, pendekatanmelaluikeluarga, dll. Instansipemerintah, sepertihalnya BKKBN, lebihbanyakberperanpadatahapintervensiini. kegiatandilakukanseputarpemberianinformasimelaluiberbagaibentukmateri KIE yang ditujukankepadaremajalangsungdankeluarga.
2.Sekunder, padasaatpenggunaansudahterjadidandiperlukanupayapenyembuhan (treatment). Faseinimeliputi: Fasepenerimaanawal (initialintake)antara 1 – 3 haridenganmelakukanpemeriksaanfisikdan mental, danFasedetoksifikasidanterapikomplikasimedik, antara 1 – 3 mingguuntukmelakukanpenguranganketergantunganbahan-bahanadiktifsecarabertahap.
3.Tertier, yaituupayauntukmerehabilitasimerekayangsudahmemakaidandalam proses penyembuhan. TahapinibiasanyaterdiriatasFasestabilisasi, antara 3-12 bulan, untukmempersiapkanpenggunakembalikemasyarakat, danFasesosialiasidalammasyarakat, agar mantanpenyalahgunanarkobamampumengembangkankehidupan yang bermakna di masyarakat. Tahapinibiasanyaberupakegiatankonseling, membuatkelompok-kelompokdukungan, mengembangkankegiatanalternatif, dll.
Adapunsolusialternatif yang dapatdilakukanolehmasyarakat (Non-pemerintah) dalammengatasimasalahnarkobaini, adalahdenganmenggunakanbeberapapendekatanyangditerapkankepadamereka, baik yang belumataupun yang sudahterjeratbelitannarkoba.
Beberapapendekatan yang penulismaksudadalahsebagaiberikut:
1.Pendekatan agama (religius).
Melaluipendekatanini, mereka yang masih ‘bersih’ daridunianarkoba, senantiasaditanamkanajaran agama yang merekaanut. Agama apa pun, tidakada yang menghendakipemeluknyauntukmerusakdirinya, masadepannya, sertakehidupannya. Setiap agama mengajarkanpemeluknyauntukmenegakkankebaikan, menghindarikerusakan, baikpadadirinya, keluarganya, maupunlingkungansekitarnya. Sedangkanbagimerekayangsudahterlanjurmasukdalamkubangannarkoba, hendaknyadiingatkankembalinilai-nilai yang terkandung di dalamajaran agama yang merekayakini. Denganjalandemikian, diharapkanajaran agama yang pernahtertanamdalambenakmerekamampumenggugahjiwamerekauntukkembalikejalan yang benar.
2.Pendekatanpsikologis.
Denganpendekatanini, mereka yang belumterjamah ‘kenikmatansemu’ narkoba, diberikannasihatdari ‘hatikehati’ oleh orang-orang yang dekatdengannya, sesuaidengankarakterkepribadianmereka. Langkahpersuasifmelaluipendekatanpsikologisinidiharapkanmampumenanamkankesadarandaridalamhatimerekauntukmenjauhidunianarkoba. Adapunbagimerekayangtelahlarutdalam ‘kehidupangelap’ narkoba, melaluipendekataninidapatdiketahui, apakahmerekamasukdalamkategoripribadiyangekstrovert (terbuka), introvert (tertutup), atausensitif. Denganmengetahuilatarbelakangkepribadianmereka, makapendekataninidiharapkanmampumengembalikanmerekapadakehidupannyata, menyusunkembalikepinganperjalananhidupyangsebelumnyaberserakan, sehinggamenjadiutuhkembali.
3.Pendekatansosial.
Baikbagimereka yang belum, maupun yang sudahmasukdalam ‘sisikelam’ narkoba, melaluipendekataninidisadarkanbahwamerekamerupakanbagianpentingdalamkeluargadanlingkungannya. Denganpenanamansikapsepertiini, makamerekamerasabahwakehadiranmereka di tengahkeluargadanmasyarakatmemilikiartipenting. Denganbeberapapendekatan di atas, diharapkanmampumenggerakkanhati para remajadangenerasimudayangmasih ‘suci’ darikelamnyadunianarkobauntuktidaklarutdalam trend pergaulan yang menyesatkan. Dan bagimereka yang sudahterceburkedalam ‘kubangan’ dunianarkoba, melaluibeberapapendekatantersebut, diharapkandapatkembalisadarakanartipentingkehidupanini, yang amatsayangjikadigadaikandengankesenangan yang nisbi.
Dengan demikian, jikapemerintahdanmasyarakatmenjalankanfungsidanperannyadenganbaik, niscayaupayamemeranginarkobasertamenyelamatkanbangsa Indonesia dari “bahayamematikan” narkobaakanmenemuititikterang.




Penjelasan Tentang Narkoba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: asdas

0 comments:

Post a Comment