Berbagi artikel tentang pelajaran untuk siswa dan guru..

Prediksi Soal dan Jawaban PKN Kelas 7 UAS 2015/2016

Prediksi Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 SMP Kurikulum 2013 UAS ( Ulangan Akhir Semester 1/2 ), Prediksi Soal beserta Kunci Jawaban PKN UTS ( Ulangan Tengah Semester )  Tahun Pelajaran 2015/2016, Kisi-Kisi PKN SMP Kelas 7,8,9.

PREDIKSI Soal dan Jawaban UAS PKN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


1.      Tunjukan pedoman yang dipakai untuk mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan dalam suatu Negara !
JAWAB :
Hukum Tata Negara.
2.      Bagaimana semangat dan komitmen para pendiri Negara!
JAWAB :
Para pendiri Negara menumbuhkan sikap semangat dan komitmen,yaitu Patriotisme, Nasionalisme dan semangat persatuan dan kesatuan, Mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.
3.      Kapan hokum dasar Negara Indonesia disyahkan!
JAWAB :
Pada tanggal 17 Juli 1945.
4.      Jelaskan musyawarah mencapai mufakat yang disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Musyawarah mufakat pada dunia pendidikan biasanya terjadi pada saat pemilihan ketua kelas, pemilihan ketua OSIS dan juga rapat Komite Sekolah yang menentukan arah, tujuan dan juga besaran anggaran dari sekolah dalam 1 tahun.
Pada lingkungan keluarga, seringkali dapat terjadii diskusi mengenai pemilihan jenis makanan yang akan dimasak oleh ibu atau ketika makan diluar bersama keluarga. Selain itu, juga termasuk pemilihan tempat hiburan yang diinginkan semua anggota keluarga.
Pada lingkungan masyarakat adalah pemilihan RT, rapat kegiatan untuk desa dan lain sebagainya yang semua bertujuan untuk kepentingan lingkungan tersebut.
5.      Tunjukkan pergauan Internasional kita harus terbuka terhadap nilai-nilai yang dating dari luar!
JAWAB :
Semakin menonjolnya sikap meteialistis yang berarti harkat dan martabat kemanusiaan diukur dari hasil atau keberhasilan seseorang dalam memperoleh kekayaan.
Semakin menonjolnya sikap individualitas yaitu mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingan lain.
Arus informasi yang semakin pesat mengakibatkan akses masyarakat terhadap nilai-nilai asing yang negative semakin besar.
Pembangunan yang terus berkembang di Indonesia dapat merubah perekonomian Indonesia.
Tata kehidupan masyarakat, cara berpakaian, etika, dan pergaulan.
6.      Jelaskan apa yang dimaksud mengemukakan pendapat secara bertanggung jawab!
JAWAB :
Kebebasan mengemukakan pendapat adalah hak bagi setiap rakyat Indonesia, Kebebasan dalam hal ini bukan kebebasan tanpa batas,
melainkan kebebasan yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
7.      Tunjukkan nilai- nilai yang sesuai dengan Ketuhanan Yang Maha Esa!
JAWAB :
Melaksanakan kewajiban dalam keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
Membina kerjasama dan tolong menolong dengan pemeluk agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi dilingkungan masing-masing.
Mengembangkan toleransi antarumat Beragama menuju terwujudnya kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang.
8.      Tunjukkan nilai-nilai dalam Pancasila dam kasus Korupsi!
JAWAB :
Terdapat pada sila ke – 4
Manusia Indonesia sebagai warga Negara dan warga masyarakat Indonesia mempunyai kedudukan hak dan kewajiban yang sama.
Memperhatikan dan megutamakan kepentingan Negara dan kepentingan masyarakat.

Tidak boleh ada suatu kehendakyang dipaksakan kepada pihak lain.
9.      Tunjukkan nnilai-nilai dasar Pancasila yang tersirat dalam sila ke lima Pancasila!
JAWAB :
Bersikap adil, meghormati orang lain dan selalu berusaha menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, suka member pertolongan terhadap orang lain, menjauhi sikap pemerasaan terhadap orang lain.
10.  Tunjukan semua nilai Pancasila yang harus kita kembangkan dalam kehidupan socil budaya !
JAWAB :
Pluralisme, teosentrisme, kepentingan lain berdasarkan setiap sila tidak bertentangan dengan pertimbangan keagamaan.
11.  Jelaskan bentuk-bentuk pelajaran hidup yang dapat diambil dari    pelaksanakan siding yang dilakukan oleh BPUPKI dan PPKI!
JAWAB :
Persatuan, keraja sama, toleransi, nasionalisme, patriotism, mendahulukan kepentingan  umum
12.  Jelaskan hubungan yang benar antara badan dan hasil karyanya berdasarkan sejarah pembentukannya rumusan dasar hokum
JAWAB :
Makna perubahan rancangan hokum dasar yang dilakukan PPKI
yaitu memberikan pengertian bahwa UUD 1945 merupakan hasil karya bangsa Indonesia yang dibuat PPKI( BPUPKI : dasar Negara, Panitia Sembilan: Piagam Jakarta .
13.  Jelaskan upaya pelajar unutk mengisi kemerdekaan!
    JAWAB :
Menjadi pribadi pembelajar / rajin belajar, menumbuhkan rasa cinta tanah air, mempunyai ide-ide kreatif, meningkatkan sikap toleransi, menjadi pribadi yang disiplin.
14.    Jelaskan UUD 1945 berisi pengaturan HAM, pembagian tugas kekuasaan dan susunan ketatanegaraan, pernyataan tersebut membuktikan bahwa UUD 1945!
JAWAB :
HAM (Hak Asasi Manusia ) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai mekhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara, hokum, pemerintah dari setiap orang , demi kehormata serta perlindungan harkat dan martabat manusia (pasal 1 angka 1 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU Nomor 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM . Ini membuktikan bahwa UUD 1945 melindungi manusia sebagai makhluk sosial. 
15.  Apa yang dimaksud dengan Dasar Negara!
JAWAB :
Adalah fandemen yang kokoh dann kuat serta bersumber dari pandangan hidup falsafalah ( cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi da kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan industri) yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
16.  Jelaskan bahwa Bangsa Indonesia menentang segala bentuk penjajahan !
JAWAB :
“Beberapa pihak secara tegas menyatakan bahwa Pembukaan UUD 1945 sudah menjadi harga mati, tidak dapat diubah ataupun diamandemen. Dengan mengemukakan alasan, pertama ; akan membuka luka lama dalam perdebatan ideologi Negara yang pada awalnya dulu rame diperdebatkan. Kedua; dapat membubarkan Negara, bersandar pada teori Hans Kalsen yang dimuat dalam Ketetapan MPRS No XXI/MPRS/1966  yang telah dicabut dengan Tap MPR No III/MPR/2000 dan tidak berlaku lagi namun masih sering dirujuk, dan Ketiga; dalam sejarah Pembukaan UUD 1945 tersebut tidak pernah diganti sehingga terkesan sakral.
17.  Jelaskan bahwa Bangsa Indonesia menentang segala bentuk Penjajahan!
JAWAB :
Bangsa Indonesia yang memproklamasikan  kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustud 1945 bertekad bulat untuk mebela, mempertahankan dan menegakkan kemerdekaan, serat kedaulatan Negara dan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
18.  Jelaskan akibat yang timbul apabila dilakukan terhadap Pembukaan UUD 1945
JAWAB :
Timnul konflik yang mengancam persatuan dan kesatuan.
19.  Bagaimana norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara!
JAWAB :
a)      Noram Agam
b)      Norma Hukum
c)      Norma Kesusilaan
d)     Norma Keagamaan
20.  Jelaskan Peristiwa yang menggambarka kegiatan menciptakan keadila social!
JAWAB :
Pengaturan ekonomi secara langsung ; perizinan, pembayaran pajak dll.
Tidak membeda bedakan antara satu orang dengan orang lain
Tanpa membedakan  kekayaan, jabatann maupun suku tertentu.
21.  Jelaskan Peristiwa yang menggambarka kegiatan menciptakan keadila social!
JAWAB :
Pengaturan ekonomi secara langsung ; perizinan, pembayaran pajak dll.
Tidak membeda bedakan antara satu orang dengan orang lain
Tanpa membedakan  kekayaan, jabatann maupun suku tertentu
22.  Berilah contoh penerapan nilai-nilai Pembukaan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari!
JAWAB :
Lingkungan Keluarga : Saling mengasihi antaranggota keluarga.
                                                               Tidak menyakiti anggota keluarga.
Lingkungan Sekolah   : Menghargai antar teman sebaya.
                                                             Berbuat baik kepada seluruh warga sekolah.
Lingkungan Masyarakat : Berhubungan baik dengan tetangga.
                                                                   Mengikuti kegiatan karang taruna.
23.  Bagaiman kita membiasakan diri untuk bermusyawarah!
JAWAB:
Lingkungan Keluarga : Menghargai pendapat anggota keluarga.
                                                Senantiasa musyawarah untuk pembagian kerja        
Lingkungan Mayarakat : Bersama-sama menjaga kedamaian  myrt
                                                               Mengikuti kegiatan rembug desa.
Lingkungan Sekolah : Berani mengusulakan saran (pendapat)
                                                            Selalu mengikuti kegiatan disekolah.
Lingkungan Negara : Memiliki kejujuran dan integritas
                                                            Menghargai hak-hak kaum minoritas.
24.  Jelaskan implementasikan yang dilakukan Pemerintah untuk menjalankan Tujuan Khusus Negara Indonesia!
JAWAB :
Status  Indonesia Negara yang ingin memakmurkan dan mensejahterakan rakyatnya.
25.  Tunjukan pernyataan  bahwa Indonesia memperoleh kemerdekaan dari hasil perjuangan bangsa Indonesia!
JAWAB :
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia Hal- hal tentang pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
26.  Bagaimana yang kamu ketahui tentang bentuk sikap toleransi!
JAWAB :
Toleransi adalah perilaku terbuka dan menghargai segala perbedaan yang dimiliki orang lain.
27.  Jelaskan bahwa Indonesia adalah Negara yang berbentuk Republik!
JAWAB:
Bentuk pemerintahan Republik, yaitu bentuk pemerintahan dengan kepala Negara dan pemerintahannya bisa dijabat oleh masyarakat sipil yang sudah mempunyai hak dan kewajiban yang ditentukan oleh hukum.
28.  Tunjukkan Peran Mr. Soepomo dalam  pembentukan hukum dasar!
            JAWAB :
Anggota BPUPKI, ketua dam merangkap sebagai anggota panitia kecil dari perancangan UU, penghalus bahasa.
29.  Tunjukkan sikap dan perilaku pelanggaran noram disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Pelanggaran Norma Agama ; Menyekutukan Tujhan YME.
Pelanggaran Noram Kesusilaan ; Tidak bertindak adil antar
  sesama
Pelanggaran Noram Kesopanan ; Meludah disembarang tempat.
Pelanggaran Noram Hukum ; didenda hingga hukuma fisik,
        penjara/ hukuma mati
30.  Jelaskan perbuatan-perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam suatu masyarakat tidak secara terus-menerus!
JAWAB :
Cara mekan seseorang yang dinilai wajar dan baik jika tidak mengeluarkan bunyi.
31.  Berilah contoh tindakan yang bertentangan dengan tata kelakuan
JAWAB :
Mengenakan pakaian sangat minim.
32.  Jelaskan Norma-norma dalam masyarakat beserta sumber dan sangsinya !
JAWAB :
Norma Agama : SANKSI            : Dosa
                                                SUMBER       : Islam : Al-Qur’an dan Hadist Nabi
  Muhammad SAW
Kristen dan Katholik : Al-Kitab.
Budha : Tripitaka.
Hindhu : Veda
Khonghuchu : Shishu Wujing.
     Norma Hukum : SANKSI : Didenda hingga hukuman fisik,
dipenjara/ hukuman mati
                                                            SUMBER: Negara
     Norma Kesusilaan : SANKSI : rasa bersalah, rasa malu dll
                                                                  SUMBER : Suatu suara hati nuranu
Norma Kesopanan : SANKSI : dicemooh orang lain,:
dikucilakan dari pergaulan
                                                               SUMBER : Tata / budaya dalam suatu
  masyarakat   
33.  Jelaskan manfaat norma sebagai alat pemandu dan pengontrol sikap!
JAWAB :
Melalu normma sebagai alat pemandu dan pengontrol sikap berfungsi setiap individu dapat mengetahui sikap yang benar dan sikap yang salah
34.  Jelaskan norma dalam kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang!
JAWAB :
Kepatuhan terhadap norma-norma sosial akan mendorong terwujudnya kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang. Oleh karena itu, harus memperhatikan dan menerapkan norma-norma sosial tersebut dengan baik.
35.  Jelaskan pentingnya kita bermusyawarah dalam masyarakat!
JAWAB ;
Kita dapat ,mencari solusi dalam menghadapi masalah yang menyangkut kepentingan bersam.
Kita dapat menghindari perselisihan dan pertikaian dalam maslah yang dihadapi.
36.  Jelaskan unsure-unsure hokum!
JAWAB:
Peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat
Peraturan yang dibentuk oleh badan-badan  resmi yang berwajib/berwenang.
Peraturan itu bersifat memaksa.
Sanksi terhadap pelanggar peraturan tersebut adalah tegad dan nyata.
Mengandung pelindungn yang efektif bagi mereka yang terkena hukum.
37.  Jelaskan manfaat kita mengikuti Pramuka!
JAWAB :
Menumbuhkan kerja sam dan kekompakan antaranggota, Menumbuhkan rasa kebersamaan antaranggota, dan memupuk rasa tolong mrnolong
38.  Bagaiman sanksi jika seseorang tidak pernah mengikuti kerja bakti dilingkungan Masyarakat!
JAWAB :
Mendapatka sindiran/ ejekan dan Dijauhi oleh orang lain karena sikap tidak terpuji.
39.  Jelaskan kita mengikuti kegiatan Jambore/Kemah!
JAWAB :
Jambore adalah Pertemuan Pramuka Pengganlang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Geraka Pramuka dari tingkay yang paling ranting sampai tingkat Nasional.
Kemah adalah sebuah kegiatan rekreasi diluar ruangan untuk menikmati keindahan alam dll. Biasanya identik dengan didirikannya tenda dll.
40.  Suatu kemauan  keras untuk hidup berdampingan secara damai dan tertib dala kehidupan sehari-hari yang dicerminkan dalam sikap dan perilaku
JAWAB :
Tolong menolong antarsesama, Menjalin persaudaraan/ tetangga dengan baik dan Ikut bersosialisasi.
Suatu kemauan untuk hidup berdampingan secara damai dan tertib dala kehidupan sehari-hari adalah kerukunan
SIKAP DAN PERILAKU :
     Lingkungan Keluarga ; Saling menghormati dan menyayangi.
                                                               Patuh kepada orang tua.
Lingkunagn Sekolah : Menghormati bapak dan ibu kepala s
      Sekolah
                                                            Menghoramati bapak dan ibu guru
                                                            Menyayangi dan menghargai sesame teman.
41.  Bagaiaman kamu memilih kegiatan dengan skala prioritas, disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Penggunaan AHP ( Analytical Hierarday Process)
Sebagai contoh, untuk menyusun prioritas penelitian pihak mengemen lembaga penelitian sering menggunakan beberapa criteria seperti dampak penelitian, biaya , kemampuan SDA dan jaga mungkin waktu pelaksanakan .Pemilihan/penyusunan prioritas dilakuakan dengan suatu prosedur yang logis dan terstruktur.
TAHAPAN :  Demokrasi Masalah
Penilaian untuk membandingkan elemen-elemen
    hasil dekomposisi.
   Sintesis dari prioritas.
42.  Tunjukan sikap yang harus diambil jika kita melihat tetanggamu sedang menghadapi masalah!
JAWAB :
Ikut prihatin terhadap tetangga ( yang terkena / sedang menghadapi masalah) dan membantu sesuai kemampuan diri.
43.  Jelaskan Setiap Elemen masyarakat hatus berupaya menciptakan suasan damai dan aman !
JAWAB :
Adalah Setiap warga masyarakat harus selalu beruapaya menjaga lingkungan masyarakat sehingga dapat menciptaka lingkungan masyarakat yang damai dan aman terutam ketentramannya.
44.  Tunjukan norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat!
JAWAB :
Norma Agama, Norama Kesusilaan, Norma Kesopanan, Norma Agama.
45.  Jelaskan tumbuhnya kesadara warga Negara agar patuh terhadap peraturan hokum yang sedang berlaku sangat penting!
JAWAB :
Dengan hokum yang mempunyai sifat mengatur, karena hokum memuat peraturan peraturan berupa perintah dan atau larangan yang mengatur tingkah laku manusia dalam  hidup bermasyarakat demi terciptanya ketertiban dalam masyarakat.Memaksa karena hokum dapat memaksa anggota masyarakat untuk mematuhinya biila melanggar akan menerima sanksi , Jadi hokum berfungsi, Menertibkan masyarakat dan pengaturan pergaulan hidup, menyelesaikan pertikan.
46.  Jelaskan para pejuang bangsa yang berjuang melawan penjajah meraih kemerdekaan para pejuang pantang menyerah meskipun harus meninggalkan keluarnya para pejuang bangsa!
JAWAB :
Para pejuang bangsa yang berjuang melawan  penjajah untuk meraih kemerdekaan para pejuang rela berkorban meninggalkan keluarganya hanya untuk meraih kemerdekaan Indonesia.
47.  Jelaskan sikap tidak main hakim sendiri, disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Kasus penyerangan Lapas Cebongan di Sleman, Yogyakarta kasus pengeroyokan dan kemudian pembunuhan seorang kapolsek di Sumatra Utara serta aksi-aksi kekerasan dan pengrusakan yang terjadi di Palopo, Sulawesi Selatan, dampak dari PEMILUKADA.
TANGGAPAN: TIDAK MAIN HAKIM SENDIRI:
Sebaiknya kasus penyerangan itu dapat disimpulkan, bagi orang yang telah membunuh seorang kapolsek Di Sumatra Utara tidak boleh langsung mengambil tindakan yang melanggar / tidak tepat . Sebaiknya dibicarakan kepada orang lain dari akar permasalahan ( kurang cocoknya pemilukada)
48.  Jelaskan Bangsa Indonesia kita sadar bahwa manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama!
JAWAB :
Terbukti Pemikiran suatu bukti adanya pengabdian dan ungkapan untuk menyakinkan dia pribadi ada pembelaan dengan suatu hak untuk meraihnya, tuntutan hidup kita melainkan kewajiban kita begitu lantang berbicara merasa percaya diri dengan pikiran kita, untuk berjuang menghadapi ancaman dan rintangan ada hak dan kewajiban untuk maju ( Bangsa Indonesia).
49.  Jelaskan sikap rela berkorban dan kesungguhannya perlu dikembangkan dimana saja kita berada termasuk dilingkungna sekolah!
JAWAB :
Mengantar teman yang sakit ke Ruang UKS, Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesame siswa yang memerlukan bantuan dan pertolongan yang menunjukan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.
50.  Jelaskan waktu di perpustakaan sekolah di dekat kita ada yang berbicara sehingga mengganggu pengunjung lain!
JAWAB :
Menegur dia (teman )supaya tertib diperpustakaan .
51.  Sebutkan 5 pahlawan nasional yang berjuang melawan Jepang
JAWAB :
a)      Ir. Soekarno.
b)      Drs. Muh Hatta.
c)      Muh. Yamin.
d)     Mr. Soepomo.
e)      K.R.T. Radjiman Widyodiningrat.

52.  Sebutka 3 hasil siding PPKI yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945
JAWAB :
a)      Menetapka Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Muh. Hatta sebagai wakil presiden Republik Indonesia.
b)      Mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
c)      Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat ( KNIP ).

53.  Sebut dan jelaskan fungsi BPUPKI!
JAWAB :
a)      Menyelidiki dan mempelajari segala sesuatu yang dirasa penting terkait dengan  pembentukan Negara Indonesia merdekan
b)      Mempersiapkan hal-hal penting terkait dengan tata pemerintahan Indonesia setelah merdeka.

54.  Sebut dan jelaskan Sumber dan sanksinya norma dalam masyarakat!
JAWAB :
Norma Agama : SANKSI            : Dosa
                                                SUMBER       : Islam : Al-Qur’an dan Hadist Nabi
  Muhammad SAW
Kristen dan Katholik : Al-Kitab.
Budha : Tripitaka.
Hindhu : Veda
Khonghuchu : Shishu Wujing.
     Norma Hukum : SANKSI : Didenda hingga hukuman fisik,
dipenjara/ hukuman mati
                                                SUMBER: Negara
     Norma Kesusilaan : SANKSI : rasa bersalah, rasa malu dll
                                                               SUMBER : Suatu suara hati nuranu
Norma Kesopanan : SANKSI : dicemooh orang lain,: dikucilakan dari pergaulan
                                                                  SUMBER : Tata / budaya dalam suatu
  masyarakat   

55.  Sebutkan Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan RI menurut No 12 Tahun 2011
JAWAB :
a)      Peraturan-peraturan organic
b)      Ketetapan MPR
c)      Undang-undang/peraturan pemerintahpengganti undang-undang
d)     Peraturan pemerintah
e)      Peraturan Presiden
f)       Peraturan Daerah Provinsi

g)      Peraturan daerah kabupaten/kota.

Prediksi Soal dan Jawaban PKN Kelas 7 UAS 2015/2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: asdas

0 comments:

Post a Comment