Prediksi Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 SMP Kurikulum 2013 UAS ( Ulangan Akhir Semester 1/2 ), Prediksi Soal beserta Kunci Jawaban PKN UTS ( Ulangan Tengah Semester ) Tahun Pelajaran 2015/2016, Kisi-Kisi PKN SMP Kelas 7,8,9.
PREDIKSI Soal dan Jawaban UAS PKN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
1. Tunjukan
pedoman yang dipakai untuk mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan
dalam suatu Negara !
JAWAB :
Hukum Tata Negara.
2. Bagaimana
semangat dan komitmen para pendiri Negara!
JAWAB :
Para
pendiri Negara menumbuhkan sikap semangat dan komitmen,yaitu Patriotisme,
Nasionalisme dan semangat persatuan dan kesatuan, Mengedepankan kepentingan
umum diatas kepentingan pribadi.
3. Kapan
hokum dasar Negara Indonesia disyahkan!
JAWAB :
Pada tanggal 17 Juli 1945.
4. Jelaskan
musyawarah mencapai mufakat yang disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Musyawarah
mufakat pada dunia pendidikan biasanya terjadi pada saat pemilihan ketua kelas,
pemilihan ketua OSIS dan juga rapat Komite Sekolah yang menentukan arah, tujuan
dan juga besaran anggaran dari sekolah dalam 1 tahun.
Pada
lingkungan keluarga, seringkali dapat terjadii diskusi mengenai pemilihan jenis
makanan yang akan dimasak oleh ibu atau ketika makan diluar bersama keluarga.
Selain itu, juga termasuk pemilihan tempat hiburan yang diinginkan semua
anggota keluarga.
Pada
lingkungan masyarakat adalah pemilihan RT, rapat kegiatan untuk desa dan lain
sebagainya yang semua bertujuan untuk kepentingan lingkungan tersebut.
5. Tunjukkan
pergauan Internasional kita harus terbuka terhadap nilai-nilai yang dating dari
luar!
JAWAB :
Semakin
menonjolnya sikap meteialistis yang berarti harkat dan martabat kemanusiaan
diukur dari hasil atau keberhasilan seseorang dalam memperoleh kekayaan.
Semakin
menonjolnya sikap individualitas yaitu mengutamakan kepentingan pribadi diatas
kepentingan lain.
Arus
informasi yang semakin pesat mengakibatkan akses masyarakat terhadap
nilai-nilai asing yang negative semakin besar.
Pembangunan
yang terus berkembang di Indonesia dapat merubah perekonomian Indonesia.
Tata kehidupan masyarakat, cara berpakaian,
etika, dan pergaulan.
6. Jelaskan
apa yang dimaksud mengemukakan pendapat secara bertanggung jawab!
JAWAB :
Kebebasan
mengemukakan pendapat adalah hak bagi setiap rakyat Indonesia, Kebebasan dalam
hal ini bukan kebebasan tanpa batas,
melainkan
kebebasan yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
7. Tunjukkan
nilai- nilai yang sesuai dengan Ketuhanan Yang Maha Esa!
JAWAB :
Melaksanakan
kewajiban dalam keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
Membina
kerjasama dan tolong menolong dengan pemeluk agama lain sesuai dengan situasi
dan kondisi dilingkungan masing-masing.
Mengembangkan
toleransi antarumat Beragama menuju terwujudnya kehidupan yang selaras, serasi
dan seimbang.
8. Tunjukkan
nilai-nilai dalam Pancasila dam kasus Korupsi!
JAWAB :
Terdapat pada sila ke – 4
Manusia
Indonesia sebagai warga Negara dan warga masyarakat Indonesia mempunyai
kedudukan hak dan kewajiban yang sama.
Memperhatikan
dan megutamakan kepentingan Negara dan kepentingan masyarakat.
Tidak
boleh ada suatu kehendakyang dipaksakan kepada pihak lain.
9. Tunjukkan
nnilai-nilai dasar Pancasila yang tersirat dalam sila ke lima Pancasila!
JAWAB :
Bersikap
adil, meghormati orang lain dan selalu berusaha menjaga keseimbangan antara hak
dan kewajiban, suka member pertolongan terhadap orang lain, menjauhi sikap
pemerasaan terhadap orang lain.
10. Tunjukan
semua nilai Pancasila yang harus kita kembangkan dalam kehidupan socil budaya !
JAWAB :
Pluralisme,
teosentrisme, kepentingan lain berdasarkan setiap sila tidak bertentangan
dengan pertimbangan keagamaan.
11. Jelaskan
bentuk-bentuk pelajaran hidup yang dapat diambil dari pelaksanakan siding yang dilakukan oleh
BPUPKI dan PPKI!
JAWAB :
Persatuan,
keraja sama, toleransi, nasionalisme, patriotism, mendahulukan kepentingan umum
12. Jelaskan
hubungan yang benar antara badan dan hasil karyanya berdasarkan sejarah
pembentukannya rumusan dasar hokum
JAWAB :
Makna
perubahan rancangan hokum dasar yang dilakukan PPKI
yaitu
memberikan pengertian bahwa UUD 1945 merupakan hasil karya bangsa Indonesia
yang dibuat PPKI( BPUPKI : dasar Negara, Panitia Sembilan: Piagam Jakarta .
13. Jelaskan
upaya pelajar unutk mengisi kemerdekaan!
JAWAB :
Menjadi pribadi pembelajar / rajin belajar,
menumbuhkan rasa cinta tanah air, mempunyai ide-ide kreatif, meningkatkan sikap
toleransi, menjadi pribadi yang disiplin.
14. Jelaskan UUD 1945 berisi pengaturan HAM,
pembagian tugas kekuasaan dan susunan ketatanegaraan, pernyataan tersebut
membuktikan bahwa UUD 1945!
JAWAB :
HAM (Hak Asasi Manusia ) adalah seperangkat hak yang
melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai mekhluk Tuhan Yang Maha
Kuasa dan merupakan anugerah nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan
dilindungi oleh Negara, hokum, pemerintah dari setiap orang , demi kehormata
serta perlindungan harkat dan martabat manusia (pasal 1 angka 1 UU Nomor 39
Tahun 1999 tentang HAM dan UU Nomor 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM . Ini
membuktikan bahwa UUD 1945 melindungi manusia sebagai makhluk sosial.
15. Apa
yang dimaksud dengan Dasar Negara!
JAWAB :
Adalah
fandemen yang kokoh dann kuat serta bersumber dari pandangan hidup falsafalah (
cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi da kepribadian yang tumbuh dalam
sejarah perkembangan industri) yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
16. Jelaskan
bahwa Bangsa Indonesia menentang segala bentuk penjajahan !
JAWAB :
“Beberapa
pihak secara tegas menyatakan bahwa Pembukaan UUD 1945 sudah menjadi harga
mati, tidak dapat diubah ataupun diamandemen. Dengan mengemukakan alasan,
pertama ; akan membuka luka lama dalam perdebatan ideologi Negara yang pada
awalnya dulu rame diperdebatkan. Kedua; dapat membubarkan Negara, bersandar
pada teori Hans Kalsen yang dimuat dalam Ketetapan MPRS No XXI/MPRS/1966 yang telah dicabut dengan Tap MPR No
III/MPR/2000 dan tidak berlaku lagi namun masih sering dirujuk, dan Ketiga;
dalam sejarah Pembukaan UUD 1945 tersebut tidak pernah diganti sehingga
terkesan sakral.
17. Jelaskan
bahwa Bangsa Indonesia menentang segala bentuk Penjajahan!
JAWAB :
Bangsa
Indonesia yang memproklamasikan
kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustud 1945 bertekad bulat untuk mebela,
mempertahankan dan menegakkan kemerdekaan, serat kedaulatan Negara dan bangsa
berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
18. Jelaskan
akibat yang timbul apabila dilakukan terhadap Pembukaan UUD 1945
JAWAB :
Timnul konflik yang mengancam persatuan
dan kesatuan.
19. Bagaimana
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara!
JAWAB :
a) Noram
Agam
b) Norma
Hukum
c) Norma
Kesusilaan
d) Norma
Keagamaan
20. Jelaskan
Peristiwa yang menggambarka kegiatan menciptakan keadila social!
JAWAB :
Pengaturan
ekonomi secara langsung ; perizinan, pembayaran pajak dll.
Tidak membeda bedakan antara satu orang
dengan orang lain
Tanpa membedakan kekayaan, jabatann maupun suku tertentu.
21. Jelaskan
Peristiwa yang menggambarka kegiatan menciptakan keadila social!
JAWAB :
Pengaturan
ekonomi secara langsung ; perizinan, pembayaran pajak dll.
Tidak membeda bedakan antara satu orang
dengan orang lain
Tanpa membedakan kekayaan, jabatann maupun suku tertentu
22. Berilah
contoh penerapan nilai-nilai Pembukaan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari!
JAWAB :
Lingkungan Keluarga : Saling mengasihi
antaranggota keluarga.
Tidak menyakiti anggota keluarga.
Lingkungan Sekolah : Menghargai antar teman sebaya.
Berbuat baik kepada seluruh warga sekolah.
Lingkungan Masyarakat : Berhubungan baik
dengan tetangga.
Mengikuti kegiatan karang taruna.
23. Bagaiman
kita membiasakan diri untuk bermusyawarah!
JAWAB:
Lingkungan
Keluarga : Menghargai pendapat anggota keluarga.
Senantiasa
musyawarah untuk pembagian kerja
Lingkungan
Mayarakat : Bersama-sama menjaga kedamaian
myrt
Mengikuti kegiatan rembug desa.
Lingkungan
Sekolah : Berani mengusulakan saran (pendapat)
Selalu mengikuti kegiatan disekolah.
Lingkungan
Negara : Memiliki kejujuran dan integritas
Menghargai
hak-hak kaum minoritas.
24. Jelaskan
implementasikan yang dilakukan Pemerintah untuk menjalankan Tujuan Khusus
Negara Indonesia!
JAWAB :
Status Indonesia Negara yang ingin memakmurkan dan
mensejahterakan rakyatnya.
25. Tunjukan
pernyataan bahwa Indonesia memperoleh
kemerdekaan dari hasil perjuangan bangsa Indonesia!
JAWAB :
Kami
bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia Hal- hal tentang
pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara seksama dan dalam
tempo yang sesingkat-singkatnya.
26. Bagaimana
yang kamu ketahui tentang bentuk sikap toleransi!
JAWAB :
Toleransi
adalah perilaku terbuka dan menghargai segala perbedaan yang dimiliki orang
lain.
27. Jelaskan
bahwa Indonesia adalah Negara yang berbentuk Republik!
JAWAB:
Bentuk
pemerintahan Republik, yaitu bentuk pemerintahan dengan kepala Negara dan
pemerintahannya bisa dijabat oleh masyarakat sipil yang sudah mempunyai hak dan
kewajiban yang ditentukan oleh hukum.
28. Tunjukkan
Peran Mr. Soepomo dalam pembentukan
hukum dasar!
JAWAB
:
Anggota
BPUPKI, ketua dam merangkap sebagai anggota panitia kecil dari perancangan UU,
penghalus bahasa.
29. Tunjukkan
sikap dan perilaku pelanggaran noram disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Pelanggaran
Norma Agama ; Menyekutukan Tujhan YME.
Pelanggaran
Noram Kesusilaan ; Tidak bertindak adil antar
sesama
Pelanggaran
Noram Kesopanan ; Meludah disembarang tempat.
Pelanggaran
Noram Hukum ; didenda hingga hukuma fisik,
penjara/ hukuma mati
30. Jelaskan
perbuatan-perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam suatu masyarakat
tidak secara terus-menerus!
JAWAB :
Cara
mekan seseorang yang dinilai wajar dan baik jika tidak mengeluarkan bunyi.
31. Berilah
contoh tindakan yang bertentangan dengan tata kelakuan
JAWAB :
Mengenakan
pakaian sangat minim.
32. Jelaskan
Norma-norma dalam masyarakat beserta sumber dan sangsinya !
JAWAB :
Norma
Agama : SANKSI : Dosa
SUMBER
: Islam : Al-Qur’an dan Hadist Nabi
Muhammad SAW
Kristen
dan Katholik : Al-Kitab.
Budha
: Tripitaka.
Hindhu
: Veda
Khonghuchu
: Shishu Wujing.
Norma Hukum : SANKSI : Didenda hingga
hukuman fisik,
dipenjara/
hukuman mati
SUMBER: Negara
Norma Kesusilaan : SANKSI : rasa bersalah,
rasa malu dll
SUMBER : Suatu suara hati nuranu
Norma
Kesopanan : SANKSI : dicemooh orang lain,:
dikucilakan
dari pergaulan
SUMBER : Tata / budaya dalam suatu
masyarakat
33. Jelaskan
manfaat norma sebagai alat pemandu dan pengontrol sikap!
JAWAB :
Melalu
normma sebagai alat pemandu dan pengontrol sikap berfungsi setiap individu
dapat mengetahui sikap yang benar dan sikap yang salah
34. Jelaskan
norma dalam kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang!
JAWAB :
Kepatuhan
terhadap norma-norma sosial akan mendorong terwujudnya kehidupan yang selaras,
serasi dan seimbang. Oleh karena itu, harus memperhatikan dan menerapkan
norma-norma sosial tersebut dengan baik.
35. Jelaskan
pentingnya kita bermusyawarah dalam masyarakat!
JAWAB ;
Kita
dapat ,mencari solusi dalam menghadapi masalah yang menyangkut kepentingan
bersam.
Kita
dapat menghindari perselisihan dan pertikaian dalam maslah yang dihadapi.
36. Jelaskan
unsure-unsure hokum!
JAWAB:
Peraturan
mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat
Peraturan
yang dibentuk oleh badan-badan resmi
yang berwajib/berwenang.
Peraturan itu bersifat memaksa.
Sanksi
terhadap pelanggar peraturan tersebut adalah tegad dan nyata.
Mengandung
pelindungn yang efektif bagi mereka yang terkena hukum.
37. Jelaskan
manfaat kita mengikuti Pramuka!
JAWAB :
Menumbuhkan
kerja sam dan kekompakan antaranggota, Menumbuhkan rasa kebersamaan
antaranggota, dan memupuk rasa tolong mrnolong
38. Bagaiman
sanksi jika seseorang tidak pernah mengikuti kerja bakti dilingkungan
Masyarakat!
JAWAB :
Mendapatka
sindiran/ ejekan dan Dijauhi oleh orang lain karena sikap tidak terpuji.
39. Jelaskan
kita mengikuti kegiatan Jambore/Kemah!
JAWAB :
Jambore
adalah Pertemuan Pramuka Pengganlang dalam bentuk perkemahan besar yang
diselenggarakan oleh Kwartir Geraka Pramuka dari tingkay yang paling ranting
sampai tingkat Nasional.
Kemah
adalah sebuah kegiatan rekreasi diluar ruangan untuk menikmati keindahan alam
dll. Biasanya identik dengan didirikannya tenda dll.
40. Suatu
kemauan keras untuk hidup berdampingan
secara damai dan tertib dala kehidupan sehari-hari yang dicerminkan dalam sikap
dan perilaku
JAWAB :
Tolong
menolong antarsesama, Menjalin persaudaraan/ tetangga dengan baik dan Ikut
bersosialisasi.
Suatu
kemauan untuk hidup berdampingan secara damai dan tertib dala kehidupan
sehari-hari adalah kerukunan
SIKAP
DAN PERILAKU :
Lingkungan Keluarga ; Saling menghormati
dan menyayangi.
Patuh kepada orang tua.
Lingkunagn
Sekolah : Menghormati bapak dan ibu kepala s
Sekolah
Menghoramati
bapak dan ibu guru
Menyayangi
dan menghargai sesame teman.
41. Bagaiaman
kamu memilih kegiatan dengan skala prioritas, disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Penggunaan
AHP ( Analytical Hierarday Process)
Sebagai
contoh, untuk menyusun prioritas penelitian pihak mengemen lembaga penelitian
sering menggunakan beberapa criteria seperti dampak penelitian, biaya ,
kemampuan SDA dan jaga mungkin waktu pelaksanakan .Pemilihan/penyusunan
prioritas dilakuakan dengan suatu prosedur yang logis dan terstruktur.
TAHAPAN
: Demokrasi Masalah
Penilaian
untuk membandingkan elemen-elemen
hasil dekomposisi.
Sintesis dari prioritas.
42. Tunjukan
sikap yang harus diambil jika kita melihat tetanggamu sedang menghadapi
masalah!
JAWAB :
Ikut
prihatin terhadap tetangga ( yang terkena / sedang menghadapi masalah) dan
membantu sesuai kemampuan diri.
43. Jelaskan
Setiap Elemen masyarakat hatus berupaya menciptakan suasan damai dan aman !
JAWAB :
Adalah
Setiap warga masyarakat harus selalu beruapaya menjaga lingkungan masyarakat
sehingga dapat menciptaka lingkungan masyarakat yang damai dan aman terutam
ketentramannya.
44. Tunjukan
norma dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat!
JAWAB :
Norma
Agama, Norama Kesusilaan, Norma Kesopanan, Norma Agama.
45. Jelaskan
tumbuhnya kesadara warga Negara agar patuh terhadap peraturan hokum yang sedang
berlaku sangat penting!
JAWAB :
Dengan
hokum yang mempunyai sifat mengatur, karena hokum memuat peraturan peraturan
berupa perintah dan atau larangan yang mengatur tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat demi terciptanya
ketertiban dalam masyarakat.Memaksa karena hokum dapat memaksa anggota masyarakat
untuk mematuhinya biila melanggar akan menerima sanksi , Jadi hokum berfungsi,
Menertibkan masyarakat dan pengaturan pergaulan hidup, menyelesaikan pertikan.
46. Jelaskan
para pejuang bangsa yang berjuang melawan penjajah meraih kemerdekaan para
pejuang pantang menyerah meskipun harus meninggalkan keluarnya para pejuang
bangsa!
JAWAB :
Para
pejuang bangsa yang berjuang melawan
penjajah untuk meraih kemerdekaan para pejuang rela berkorban
meninggalkan keluarganya hanya untuk meraih kemerdekaan Indonesia.
47. Jelaskan
sikap tidak main hakim sendiri, disajikan dalam beberapa kasus!
JAWAB :
Kasus penyerangan Lapas Cebongan di
Sleman, Yogyakarta kasus pengeroyokan dan kemudian pembunuhan seorang kapolsek
di Sumatra Utara serta aksi-aksi kekerasan dan pengrusakan yang terjadi di
Palopo, Sulawesi Selatan, dampak dari PEMILUKADA.
TANGGAPAN: TIDAK MAIN HAKIM SENDIRI:
Sebaiknya
kasus penyerangan itu dapat disimpulkan, bagi orang yang telah membunuh seorang
kapolsek Di Sumatra Utara tidak boleh langsung mengambil tindakan yang
melanggar / tidak tepat . Sebaiknya dibicarakan kepada orang lain dari akar
permasalahan ( kurang cocoknya pemilukada)
48. Jelaskan
Bangsa Indonesia kita sadar bahwa manusia mempunyai hak dan kewajiban yang
sama!
JAWAB :
Terbukti
Pemikiran suatu bukti adanya pengabdian dan ungkapan untuk menyakinkan dia
pribadi ada pembelaan dengan suatu hak untuk meraihnya, tuntutan hidup kita
melainkan kewajiban kita begitu lantang berbicara merasa percaya diri dengan
pikiran kita, untuk berjuang menghadapi ancaman dan rintangan ada hak dan
kewajiban untuk maju ( Bangsa Indonesia).
49. Jelaskan
sikap rela berkorban dan kesungguhannya perlu dikembangkan dimana saja kita
berada termasuk dilingkungna sekolah!
JAWAB :
Mengantar
teman yang sakit ke Ruang UKS, Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesame
siswa yang memerlukan bantuan dan pertolongan yang menunjukan adanya sikap
mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.
50. Jelaskan
waktu di perpustakaan sekolah di dekat kita ada yang berbicara sehingga
mengganggu pengunjung lain!
JAWAB :
Menegur
dia (teman )supaya tertib diperpustakaan .
51. Sebutkan
5 pahlawan nasional yang berjuang melawan Jepang
JAWAB :
a) Ir.
Soekarno.
b) Drs.
Muh Hatta.
c) Muh.
Yamin.
d) Mr.
Soepomo.
e) K.R.T.
Radjiman Widyodiningrat.
52. Sebutka
3 hasil siding PPKI yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945
JAWAB :
a) Menetapka
Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Muh. Hatta sebagai wakil presiden
Republik Indonesia.
b) Mengesahkan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
c) Membentuk
Komite Nasional Indonesia Pusat ( KNIP ).
53. Sebut
dan jelaskan fungsi BPUPKI!
JAWAB :
a) Menyelidiki
dan mempelajari segala sesuatu yang dirasa penting terkait dengan pembentukan Negara Indonesia merdekan
b) Mempersiapkan
hal-hal penting terkait dengan tata pemerintahan Indonesia setelah merdeka.
54. Sebut
dan jelaskan Sumber dan sanksinya norma dalam masyarakat!
JAWAB :
Norma
Agama : SANKSI : Dosa
SUMBER
: Islam : Al-Qur’an dan Hadist Nabi
Muhammad SAW
Kristen
dan Katholik : Al-Kitab.
Budha
: Tripitaka.
Hindhu
: Veda
Khonghuchu
: Shishu Wujing.
Norma Hukum : SANKSI : Didenda hingga
hukuman fisik,
dipenjara/
hukuman mati
SUMBER:
Negara
Norma Kesusilaan : SANKSI : rasa bersalah,
rasa malu dll
SUMBER : Suatu suara hati nuranu
Norma
Kesopanan : SANKSI : dicemooh orang lain,: dikucilakan dari pergaulan
SUMBER : Tata / budaya dalam suatu
masyarakat
55. Sebutkan
Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan RI menurut No 12 Tahun 2011
JAWAB :
a) Peraturan-peraturan
organic
b) Ketetapan
MPR
c) Undang-undang/peraturan
pemerintahpengganti undang-undang
d) Peraturan
pemerintah
e) Peraturan
Presiden
f) Peraturan
Daerah Provinsi
g) Peraturan
daerah kabupaten/kota.
0 comments:
Post a Comment