Kali ini saya akan berbagi contoh laporan hasil diskusi kelompok , mata pelajaran bahasa indonesia dalam Menyusun Teks Eksposisi Remaja Berprestasi, Menentukan Struktur Teks Remaja Berprestasi, Menentukan Unsur Kebahasaan dan kesimpulannya ^_^
1. Menyusun Teks Eksposisi
Remaja
Berprestasi
Remaja adalah masa transisi dari masa anak –
anak ke awal dewasa. Pada masa itu remaja membutuhkan pendidikan karakter agar
menjadi remaja yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.
Remaja Indonesia sudah banyak yang membawa prestasi khususnya dalam bidang
olahraga, salah satunya Futsal, memang olahraga ini sangat digemari oleh para
remaja.
Kegiatan olahraga banyak yang mengharumkan
negara Indonesia. Salah satunya adalah lomba Futsal. Olahraga ini adalah jenis
olahraga permainan berregu yang hampir sama dengan sepak bola, namun lokasi
atau tempat yang digunakan berbeda. Dalam kegiatan Futsal ini ada beberapa
pendidikan karakter yang dapat ditanamkan, seperti : sportif dalam bermain,
pantang menyerah, dan kerjasama. Pendidikan karakter tersebut dapat membentuk
remaja berprestasi. Remaja berprestasi adalah remaja yang mempunyai prestasi
baik dibidang akademik dan non akademik, mempunyai akhlak dan sikap yang baik,
mempunyai kepribadian yang baik, dan memiliki iman yang kuat.
Dengan demikian, remaja yang
berprestasi dapat mebentuk pendidikan karakter yang unggul. Mereka bisa
bersaing di tingkat nasional mamupun internasional. Dengan begitu, remaja
memiliki karakter yang baik dan dibanggakan prestasinya karena sehat secara
fisik, berilmu tinggi, dan stabil dalam emosi.
2. Menentukan Struktur
Teks
a. Tesis
(Opini)
Remaja adalah masa transisi dari
masa anak – anak ke awal dewasa. Pada masa itu remaja membutuhkan pendidikan
karakter agar menjadi remaja yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non
akademik. Remaja Indonesia sudah banyak yang
membawa prestasi khususnya dalam bidang olahraga, salah satunya Futsal, memang
olahraga ini sangat digemari oleh para remaja.
b.
Argumentasi
Kegiatan olahraga banyak yang
mengharumkan negara Indonesia. Salah satunya adalah lomba Futsal. Olahraga
ini adalah jenis olahraga permainan berregu yang hampir sama dengan sepak bola,
namun lokasi atau tempat yang digunakan berbeda. Dalam kegiatan Futsal ini
ada beberapa pendidikan karakter yang dapat ditanamkan, seperti : sportif dalam
bermain, pantang menyerah, dan kerjasama. Pendidikan karakter tersebut dapat
membentuk remaja berprestasi. Remaja berprestasi adalah remaja yang mempunyai
prestasi baik dibidang akademik dan non akademik, mempunyai akhlak dan sikap
yang baik, mempunyai kepribadian yang baik, dan memiliki iman yang kuat.
c.
Penegasan Ulang
Dengan demikian, remaja yang
berprestasi dapat membentuk pendidikan karakter yang unggul. Mereka bisa
bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Dengan begitu, remaja
memiliki karakter yang baik dan dibanggakan prestasinya karena sehat secara
fisik, berilmu tinggi, dan stabil dalam emosi.
3. Menentukan Unsur
Kebahasaan
a.
Rujukan Kata
b.
Kata Berimbuhan
• Imbuhan
Pada Awalan (Perfiks)
·
Berprestasi ( ber +
prestasi )
·
Menjadi ( me + jadi )
·
Membawa ( mem + bawa )
·
Berregu ( ber + regu )
·
Dibidang ( di + bidang
)
·
Diraih ( di + raih )
• Imbuhan
Pada Akhiran ( Sufiks )
·
Maupun ( mau + pun )
·
Khususya ( khusus + nya
)
·
Satunya (satu + nya )
·
Tentunya ( tentu + nya
)
• Imbuhan
Pada Awalan dan Akhiran (Konfiks)
·
Membutuhkan ( mem +
butuh + kan)
·
Digemari ( di + gemar +
i )
·
Permainan ( per + main
+ nan )
·
Digunakan (di + guna +
kan )
·
Ditanamkan ( di + tanam
+ kan )
·
Mempunyai ( mem + punya
+ i )
·
Memiliki ( me + milik
+i )
c.
Konjungsi
• Penambahan
( dan, juga)
·
Sportif dalam bermain,
pantang menyerah, dan kerjasama.
·
Mempunyai kepribadian
yang baik dan karakter yang kuat.
• Pilihan
/ Pemilihan (atau)
·
Lokasi atau
tempat yang digunakan.
d.
Kata Baku
• Futsal
• Sportif
e.
Kata Ganti
• Kata
Ganti Penunjuk ( ini, itu)
·
Pada masa itu.
·
Olahraga ini.
·
Kegiatan futsal ini.
• Kata
Ganti Penghubung
·
Remaja yang
berprestasi.
·
Memiliki karakter yang
baik.
• Kata
Ganti Tak Tentu
·
Salah satunya
adalah futsal.
Kesimpulan :
Dengan
dilakukannya diskusi ini kami menjadi lebih menngetahui mengenai cara menyusun
teks ekspoisisi, bagian – bagian teks, dan unsur ketatabahasaan. Diskusi ini
juga menumbuhkan rasa kekeluargaan, demokratis, dan kerjasama.
0 comments:
Post a Comment